(Palangka Raya, 14 Juni 2024) – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin menghadiri Apel Siaga Alat dan Mesin Pertanian, bertempat di Lapangan Bola Makorem Apel digelar dalam rangka Peningkatan Lahan Tanam dan Produksi Pertanian di Kalteng melalui Pompanisasi. Menteri Pertanian RI H. Andi Amran Sulaiman saat pimpin Apel menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng beserta seluruh Unsur Forkopimda Prov. Kalteng atas dukungan percepatan Optimasi Lahan dan Pompanisasi di Prov. Kalteng.

“Hari ini melihat kemajuan optimalisasi lahan terbaik seluruh Indonesia. Saat ini kita berikan kurang lebih 81000 Ha, dimana bantuan pemerintah ini merupakan bantuan terbesar kedua seluruh Indonesia”, kata Andi Amran. Mentan berharap opla dikerjakan secepatnya. “Kalau ini selesai dalam waktu cepat, kami akan menambah bantuan di Kalimantan Tengah”, lanjutnya.

Andi juga mengharapkan Kalteng dapat membangun cluster menjadi lumbung pangan Indonesia bahkan dunia.

Usai menggelar Apel, Mentan Andi Amran Sulaiman menyerahkan secara simbolis kepada Sekda Prov. Kalteng Nuryakin bantuan untuk Prov. Kalteng yakni program Kementerian Pertanian TA 2024 berupa bantuan alat dan mesin pertanian senilai Rp. 8.039. 600.000,-. Sebagai informasi, bantuan pompa yang diberikan Kementan untuk Prov. Kalteng pada tahun 2024 ini sebanyak 67 unit atau setara dengan Rp 2,06 miliar. Selain itu, ada juga bantuan traktor roda 4 sebanyak 10 unit atau setara dengan Rp 3,8 miliar dan bantuan traktor roda dua sebanyak 68 unit atau setara dengan Rp 2,17 miliar.

Apel dihadiri Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Pj. Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Kepala OPD Lingkup Prov. Kalteng dan kabupaten/ kota se-Kalteng, Dandim Kabupaten/ Kota se-Kalteng, Penyuluh pertanian se-Kalteng serta para petani di Kalteng.