Visi & Misi

Dalam rangka mewujudkan keberlanjutan proses pelaksanaan pembangunan di daerah dampak adanya kebijakan nasional yaitu pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 serta untuk menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 70 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah bagi Daerah dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir Pada Tahun 2022, maka Visi Pemerintahan Daerah Kabupaten Barito Selatan Tahun 2023-2026 adalah:

Memperhatikan visi tersebut serta perubahan paradigma dan kondisi yang akan dihadapi pada masa yang akan datang, diharapkan Kabupaten Barito Selatan dapat lebih berperan dalam perubahan yang terjadi di lingkup nasional, regional, maupun global.

Dalam rangka pencapaian visi yang telah ditetapkan dengan tetap memperhatikan kondisi dan permasalahan yang ada serta tantangan ke depan, dan memperhitungkan peluang yang dimiliki, maka ditetapkan 5 (lima) misi Kabupaten Barito Selatan sebagai berikut :

  1. Mempercepat Pengembangan dan Pemerataan Pembangunan Ekonomi Yang Produktif, Kreatif dan Berwawasan Lingkungan.
  2. Memperkuat Ketahanan Daerah dan Kondisi Politik, Meningkatkan Pelayanan Sosial, Permukiman dan Mengantisipasi Perubahan Global.
  3. Mewujudkan Profesionalisme Pegawai Yang Efektif dan Efesien Melalui Reformasi Birokrasi.
  4. Mempercepat Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Cerdas, Sehat dan Berdaya Saing.
  5. Mewujudkan Barsel Yang Beriman, Berbudaya dan Berkesetaraan Gender.

Selain visi misi diatas, terdapat beberapa Program Utama yang akan menjadi rujukan/acuan bagi seluruh Perangkat Daerah dalam menyusun program kerja dimasing-masing, Perangkat Daerah Yaitu :

a. Mengembangkan Sentra Ekonomi Berbasis Kecamatan sebagai berikut :

  1. Dusun Selatan, sebagai pusat pemerintah, kota pendidikan dan perdagangan, pengembangan pertanian dan perikanan.
  2. Dusun Utara, pengembangan perkebunan dan pertanian.
  3. Gunung Bintang Awai, Pengelolaan Industri Pertambangan dan Pertanian.
  4. Karau Kuala, Pengembangan Industri rotan berkualitas ekspor.
  5. Jenamas, Pengembangan Komoditi ternak kerbau rawa dan perikanan.
  6. Dusun hilir, Pengembangan pertanian sawah kualitas ekspor.

b. Meningkatkan sistem produksi, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, perkebunan dan perikanan.

Untuk mewujudkan Visi dan melaksanakan Misi tersebut, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan sesuai dengan tugas dan fungsinya menjalankan tugas pada 3 (tiga) Misi yaitu :

  1. Misi 1 : Mempercepat Pengembangan dan Pemerataan Pembangunan Ekonomi Yang Produktif, Kreatif dan Berwawasan Lingkungan.
  2. Misi 2 : Memperkuat Ketahanan Daerah dan Kondisi Politik, Meningkatkan Pelayanan Sosial, Permukiman dan Mengantisipasi Perubahan Global.
  3. Misi 3 : Mewujudkan Profesionalisme Pegawai Yang Efektif dan Efesien Melalui Reformasi Birokrasi.